Cari Blog Ini

Kamis, 16 November 2017

Ringkasan Data Mining

Data mining adalah proses pengolahan data atau informasi dalam jumlah besar untuk memperoleh informasi (knowledge) dari data yang jumlahnya banyak tersebut. Data mining merupakan teknologi yang sangat berguna untuk membantu perusahaan-perusahaan menemukan informasi yang sangat penting dari gudang data mereka.
Adapun proses dari data mining untuk mendapatkan informasi dari data yang besar tersebut diantaranya:
ü  Data Cleaning, yang berfungsi untuk membuang/menyingkirkan data yang tidak berguna/data yang tidak konsisten
ü  Data Integration, yang berguna untuk menggabungkan/mengkombinasikan beberapa sumber data
ü  Data Selection, yang berguna untuk memilih data-data yang relevan dari yang ingin kita analisa
ü  Data Transformation, berguna untuk mengubah bentuk atau format dari data-data yang akan kita gunakan agar semuanya seragam.
ü  Data Mining, berguna untuk mendapatkan pola yang menarik dari analisis yang kita lakukan.
ü  Potten Evaluation, berguna untuk memilih pola mana yang benar-benar menarik dari bebearapa pola yang mungkin menarik
ü  Knowledge Presentation, merupakan proses akhir diman informasi dan pengetahuna yang telah didapat divisualisasikan agar orang lain juga dapat menerima informasi tersebut.

Untuk menjalankan semua proses di atas, data mining memiliki sistem yang beberapa komponen besar dari sistem tersebut diantaranya:
ü  Database, Data warehouse, World Wide Web, atau penyimpanan informasi lainnya
ü  Data warehouse server
ü  Knowledge base
ü  Data mining engine
ü  Model evaluasi pola
ü  User interface

Untuk menganalisis data yang sangat besar, tidak cukup dari semua proses di atas, namun agar dapat menganalisis dengan baik, proses data mining haruslah dibuat efisisen dan scable (terukur). Agar algoritma dari data mining dapat diukur, waktu yang digunakan untuk menyelesaikan algoritma haruslah berubah teratur secara loinearberdasarkan jumlah data.
Informasi dalam data-data perlu diolah dan dianalisa untuk dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang menggunakan konsep data mining untuk kepentingan bisnis. Dalam dunia bisnis yang semakin hari semakin berkembang, konsep data sangat diperlukan untuk membantu perusahaan dlam meningkatkan peforma atau kinerja dari sebuah perusahaan.
Alasan utama mengapa data mining menjadi penting sejak teknologi informasi berkembang dengan begitu pesat dan sangat menarik perhatian industri informasi adalah karena tersedianya data dalam jumlah yang besar. Semakin berkembangnya smartphone yang lebih canggih, sera semakin besarnya kebutuhan untuk mengubah data tersebut menjadi informasi dan pengetahuan yang berguna, sehingga teknik-teknik data mining yang telah digunakan untuk menemukan pola yang tersembunyi tersebut dapat meningkatkan pendapatan, berkurangnya pengeluaran, dan kemampuan pemasaran dapat meningkat.
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat dari waktu ke waktu, membuat sebuah perusahaan untuk dapat mengelola berbagai informasi yang ada. Sebelum mengolah data dan mengelolanya, perusahaan harus mampu mengumpulkan data dan mengelola data dengan cara yang tepat agar informasi yang didapatkan atau dihasilkan berkualitas dan mempunyai nilai bagi setiap perusahaan.
Munculnya berbagai datra yang dihasilkan dari berkembangnya teknologi informasi tersebut sangat banyak. Data yang banyak tersebut biasanya disimpan didialam database. Database di era perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ini bisa berkembang menjadi sangat besar secara cepat. Dalam tumpukan data tersebut. Terdapat berbagai informasi tersembunyi. Yang sangat penting saat dibutuhkan oleh perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, cara mendapatkan informasi yang penting di dalam kumpulan data yang banyak yaitu dengan metode data mining. Dengan data mining, maka perusahaan perusahaan mampu mengolah data dan mempermudah dalam menganalisa data tersebut yang terkumpul di dalam database. Hal ini dikarenakan tidak semua data di dalam database dikategorikan informasi. Perusahaan hanya menggunakan data yang benar-benar penting dan dibutuhkan.
Karena kemampuannya dalam mengolah data dan mengelolanya serta mengekstrak berbagai data atau informasi yang menarik dan berguna bagi pengguna, metode data mining dapat di terapkan diberbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya yaitu pada bidang spesiasi keamanan jaringan. Untuk sistem keamanan jaringan, data mining digunankan untuk melihat paket data mana yang berpotensi memicu ancaman yang merugikan banyak pihak.
Beberpaa contoh lain dalam penerapan metode data mining adalah aplikasi yang banyak digunakan di bidang perbankan, pemasaran dan asuransi. Untuk perbankan, data mining digunakan untuk mendeteksi pola penyalahgunaan kartuu kredit dan tingkat loyalitas dari para nasabah. Di bidang pemasaran, data mining digunakan untuk mengidentifikasi pembelian para konsumen, mencari dan menemukan hubungan karakteristik demografi pelanggan. Dalam bidang asuransi, analisis mengklaim dan memperkirakan pelanggan yang akan memiliki produk terbarunya.
Data mining juga diterapkan dalam perusahaan produk makanan atau kebutuhan sehari-hari. Data mining dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk ke para pengecer (retailer). Data pelanggan, pengiriman, dan aktivitas competitor dapat digunakan untuk menganalisis sebab-sebab pelanggan berpindah ke merek yang lain. Kemudian hasilnya dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.
Di perpustakaan yang telah terintegrasi juga menggunakan metode data mining, misalnya UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Data mining diterapkan dalam data peminjaman buku di sebuah perpustakaan universitas. Data mining bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada mahasiswa yang meminjam buku yang-sebenarnya-berada di luar konteks program studinya.
Selain itu, dpat juga diketahui pola peminjaman buku mahasiswa dari setiap program studi. Mahasiwa program studi A akan meminjam buku 1, lalu meminjam buk 2 dan seterusnya. Mahasiswa program studi B akan meminjam buku 3, buku 4, dan seterusnya. Dari pola yang berulang-ulang dari berbagai mahasiswa dalam satu program studi, akan diberikan algoritma dimana pemberian rekomendasi jika buku 1 dipinjam, maka buku 2 akan direkomendasikan.  Begitu juga jika dipinjam buku 3. Konsep ini diterapkan menggunakan data mining.
Seperti yang diketahui sebelumnya, tidak sedikit mahasiswa yang merasa dari mereka berada/masuk ke program studi yang salah. Hal ini dapat digunakan untuk meneliti mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari sekolah yang mana. Jika memungkinkan, informasi yang didapat menunjukkan kebanyakan mahsiswa berasal dari sekolah yang sama. Apa yang sebenarnya terjadi  dalam sekolah ini? Data mining mungkin dapat digunakan untuk masalah-maslah seperti itu.
Perkembangan data mining yang pesat tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang memungkinkan data yang banyak dalam jumlah besar terakumulasi. Sejak 1960-an, teknologi informasi dan database telah berkembang secara sistemastis dari sistem file primitif ke canggih dan sistem pengolahan database yang kuat. Pola data dapat ditambang dari banyak jenis database, seperti relasional database, gudang data, transaksional, dan object-relational database
Informasi dalam data-data perlu diolah dan dianalisa untuk dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. Maka dari itu banyak perusahaan yang menggunakan konsep data mining untuk kepentingan bisnis. Dalam dunia bisnis yang semakin hari semakin berkembang, konsep data sangat diperlukan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan peforma atau kinerja dari sebuh perusahaan. Maka dapat kita simpulkan bahwa data mining menjadi sangat penting sejak teknologi informasi yang berkembang dengan begitu pesat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar