Cari Blog Ini

Rabu, 20 Desember 2017

Tiga Kerajaan (Sam Kok) bagian 3

   Yuan Shao tak lama setelah itu terkena penyakit dan akhirnya meninggal. Kekuasaan Yuan Shao terpecah menjadi dua keompok. Kelompok putra mahkota dan kelompok ada laki-laki Yuan Shao lainnya. Hal ini dimanfaatkan oleh Cao Cao untuk menaklukkan wilayah utara. Dan akhirnya, seluruh wilayah utara dikuasai oleh Cao Cao.

   Pada tahun 221 A.D, setelah kematian Cao Cao, Cao Pi sebagai pemimipin tertinggi Kerajaan Wei. Ia menggulingkan kekasisaran Dinasti Han. Ia memberi nama wilayah kekuasaannya dengan Cao Wei. Sontak saja, membuat seluruh petinggi dinasti di seluruh wilayah Cina, tidak setuju dengan pengakuan tersebut.

   Di lain sisi, Liu Bei telah menguasai wilayah selatan dan barat. Ia menaklukkan pasukan Liu Zhang di Cheng Du, dan menjadikan ibukota wilayah kekuasaan. Tidak lama setelah Cao Pi memproklamirkan kekuasaan baru, Liu Bei juga memproklamirkan kerajaan Shu Han. Kerajaan ini sebagai bentuk dari perpanjangan dari Dinasti Han. Tujuan utama dari kerajaan ini adalah menyatukan kembali wilayah Han. Liu Bei merupakan pemimpin tertinggi. Ia dibantu oleh Zhuge Liang sebagai penasehat yang telah mendampinginya sejak pelarian di Chang Ban.
   
   Di wilayah selatan dan timur, Sun Quan telah memantapkan posisinya sebagai penguasa Jiang Dong. Sejak menang dalam pertempuran tebing merah, ia telah merekrut orang-orang pandai dan prajurit kuat dan tangguh menjadi bawahannya. Ia juga menjalin hubungan diplomasi dengan Liu Bei. Adik Sun Quan, Sun Shang Xiang, dinikahkan dengan Liu Bei. Sun Quan juga memproklamirkan kerajaan setelah Liu memproklamirkan Shu Han. Ia menamakan daerahnya Wu Dong.

   Berbagai invasi dilakukan oleh ketiga kerajaan ini. Shu menginvasi Wei. Wu menginvasi Wei. Wei menginvasi Shu dan Wu. Setelah hubungan Shu dan Wu retak, Shu dan Wu juga terlibat peperangan. Akibatnya, Guan Yu, sang God of War tewas akibat pengkhianatan yang dilakukan pihak Wu dan Wei dalam pertempuran wilayah Fan. Zhang Fei juga tewas dalam pertempuran lainnya. Begitu juga Liu Bei. Sun Shang Xiang kembali ke Wu, dan meninggalkan Liu Bei. Penyerangan dilakukan atas petisi dari Lu Meng. Liu Bei tewas dalam pertempuran Yi Ling.

   Cao Wei telah dikuasai oleh keluarga Sima. Secara perlahan, pemerintah dan posisi penting semakin dikuasai oleh keluarga Sima. Dengan kepemimpinan kaisar baru yang sangat buruk, keluarga Sima menggulingkan kerajaan Cao Wei. Kerajaan Jin dibentuk. Dua jenderal besar keluarga Sima memisahkan diri, Zhong Hui dan Deng Ai. Invasi kesetiap wilayah dilakukan oleh Dinasti Jin.
Kepemimpinan dilanjutkan kepada Liu Chan, satu-satunya anak kandung Liu Bei. Namun dengan tingkat kepemimpinan yang rendah, kerajaan Shu sedikit demi sedikit kehilangan wilayah kekuasaan. Hal ini diperparah dengan meninggalnya Zhuge Liang. Akhirnya Liu Chan dengan hasutan Huang Chuan, menyerah kepada dinasti Jin.

   Kerajaan Dong Wu juga menyerah kepada Dinasti Jin. Pemimpin sesudah Sun Quan yang kurang cakap mengakibatkan runtuhnya kerajaan Dong Wu. Dengan jatuhnya kerajaan Dong Wu, maka era 3 kerajaan berakhir, dan digantikan oleh Dinasti Jin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar