Cari Blog Ini

Selasa, 03 Oktober 2017

Membangun Motivasi Belajar

Saya ingin berbagi bagaimana kita mendapatkan dan mempertahankan motivasi belajar.
Bagi sebagian orang, motivasi belajar sangat susah untuk dibangun. Susahnya membentuk motivasi belajar dapat dikarenakan kurangnya dorongan dari orang tua, kurangnya dorongan dari orang sekitar, dan ketidakpedulian terhadap lingkungan serta tumbuh menjalarnya sifat malas dalam diri. Saat seseorang tidak memiliki motivasi belajar, maka semangat, keinginan, serta penasaran dengan apa yang dipelajari juga sangat sedikit, bahkan kecil.
Hal ini berdampak pada rendahnya capaian terhadap hasil belajar, sehingga apa yang diikuti menjadi sia-sia.
Ada dua cara menurut saya untuk menumbuhkan motivasi belajar seseorang (bisa juga untuk motivasi lainnya). Pertama adalah dengan membangkitkan motivasi secara langsung, dan yang kedua adalah dengan menjatuhkan dengan guna membangkitkan motivasi.
Bagi sebagian orang, cara yang pertama sangat efektif karena dengan memberikan masukan-masukan yang positif, puji-pujian,  tantangan-tantangan tertentu, dan cara lainnya yang membangkitkan motivasi itu secara langsung. Dengan cara begini, seseorang akan merasa dirinya semakin dibutuhkan di lingkungannya. Saat seseorang itu merasa dibutuhkan di lingkungannya, ia akan berubah dan hal itu menjadi motivasinya. Syarat untuk memunculkan motivasi cara ini adalah orang yang ingin dimotivasi harus pandai kontrol diri, jangan sampai terbuai dengan puji-pujian yang diberikan yang bahkan akan menyebabkan munculnya sikap merasa puas diri dan tidak mau berusaha lebih.
Sebagian orang lain akan lebih termotivasi saat dirinya dijatuhkan. Hinaan, merendahkan, bullying, “menjatuhkan harga diri” dapat menumbuhan motivasi belajar seseorang.. Tapi memunculkan motivasi ini memiliki syarat, yaitu orang yang ingin di beri motivasi tidak boleh “baperan” dan mudah tersinggung (kadang-kadang berguna juga untuk tipe-tipe orang tersebut dan bahkan lebih efektif).
Saya sendiri, kedua cara ini sangat efektif dalam memunculkan motivasi saya. Tapi, saya paling sering memunculkan motivasi dari orang yang menjatuhkan saya. Semkin banyak orang yang menjatuhkan saya, maka semakin kuatlah motivasi yang saya dapatkan. Motivasi dengan membangkitkan motivasi saya secara langsung membuat tekanan tersendiri dalam diri saya. Tapi untuk beberapa hal cocok jenis motivasi ini.

Terimakasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar